Selasa, 25 Juni 2013

thumbnail

Hei Kalian 'Supporter' Bersatulah!


Nah gw kali ini mau ngebahas tentang supporter bola di Indonesia. Gw udah baca banyak banget tentang mereka entah itu dari fanatiknya, sejarahnya bahkan permusuhanya. Tapi disini gw mau ngebahas tentang permusuhanya. Entah karena apa dan mengapa permusuhan ini terjadi.

Di Indonesia sendiri banyak supporter yang saling bermusuhan antara lain The Jak dan Bobotoh serta Bonek dan Aremania. Mereka terbilang supporter yang sangat BESAR bahkan gw pernah melihat di salah satu fanspage FB besar yang menamakan "Ultras Lifestyle", mereka selalu mepostkan bagaimana hebatnya supporter di Indonesia.

Dan seharusnya mereka sadar mereka memang supporter yang paling besar dan tenar di Indonesia bahkan Dunia dan seharusnya mereka SADAR merekalah yang seharusnya menjadi panutan untuk supporter lainya! Bukan saling tikam sampai jatuhnya banyak korban. "Bukanya gw so tau tapi mereka harus sadar, bahwa memang kenyataanya mereka harus seperti itu"

Sedikit melihat ke para supporter luar misalnya di Inggris. Mereka juga fanatik tapi mampu duduk saling berdampingan tanpa ada kekerasan walau berbeda attribute. Kalau di Indonesia? Tak perlu di jelaskan lagi pasti anda sudah tau, walau ada beberapa juga yang tidak.

Kembali lagi memang sulit untuk menyalahkan siapa dan untuk apa kita menyalahkan semua jatuh pada kita sendiri. Hindari kekerasan hindari kata-kata rasis bukan hanya di sepakbola tapi dimanapun kita berada walaupun nantinya ada yang seperti itu jangan malu-malu untuk menasehatinya.

Kalau bukan sekarang kapan lagi? Ini saatnya kita bersatu karena kita semua bersaudara. Gw mohon dan pastinya gk cuma gw doang yang pengen ngeliat supporter yang akur dalam satu stadion saling dukung saling bersorak untuk klubnya masing-masing dengan damai. Berpikir dewasa mulai saat ini mari kita SORAKAN BERSAMA-SAMA BAHWA KITA SAUDARA DI LUAR MAUPUN DI DALAM STADION DEMI KEMAJUAN KITA SEMUA.

Oke mungkin itu ajasih yang pengen gw sampein. Oke mudah-mudahan setelah kalian membaca artikel ini pintu hati kalian dapat terbuka dan saling memaafkan walau kenyataanya sangat sulit, tetapi semuanya harus di mulai dari SEKARANG !! Sekian dan terima kasih semoga kalian selalu bergairab.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About